kuliah jurusan broadcast = belajar profesional sejak dini




Apa yang terlintas ketika kamu memutuskan untuk masuk jurusan broadcast? Ingin jadi film maker? Ingin jadi produser? Ingin jadi penulis naskah? INngin jadi reporter? Ingin jadi announcer handal? Atau nantinya ingin kerja di stasiun tv terkenal? Kalau kamu sudah tahu ingin seperti apa dan kemana itu bagus tapi untuk jadi seseorang dan menempati posisi yang kamu inginkan itu tidak dilihat dari backround pendidikan kamu. Ngga perlu kuliah broadcasting kalau kamu sudah yakin ingin jadi film maker yang sesungguhnya, itu misalkan. Saya saranin yang mau masuk broadcasting, pikir ulang deh. Pikir tujuh sampai seratus tujuh minimal buat memutuskan kuliah di komunikasi broadcast,kenapa? Beberapa hal dibawah ini alasan kenapa saya meminta kamu untuk berpikir ulang memilih kuliah broadcast.
1.       Broadcasting itu buat orang – orang kreatif
Ini bukan bermaksud menyindir atau mengklaim jurusan selain broadcasting itu ngga kreatif, tapi serius kalo kamu ngga ngerasa kreatif atau ngga ada seni sedikitpun dalam diri kamu, mendingan putusin jangan ngambil jurusan broadcast. Orang – orang broadcasting adalah orang – orang kreatif, mereka selalu berpikir keras untuk menghasilkan tayangan atau hiburan yang dapat dinikmati masyarakat luas, makanya dalam mempelajari ilmu broadcast juga harus mendukung pikiran kreatif. Semua matakuliah broadcasting itu membutuhkan seni. Misalnya matakuliah fotografi, kalo kamu mengambil foto yang ngga punya seninya ya jangan harap lolos seleksi dosen dan jangan ngarep nilai A. itu baru matakuliah fotografi, belum lagi matakuliah manajemen program TV dan Radio, manajemen produksi dll. Intinya hampir semua matakuliah di jurusan broadcast itu butuh kekreatifan tinggi.
2.       Deadline oh deadline
Yang namanya kuliah pasti menguras tenaga, pikiran, uang, dan waktu. Yang saya tahu di jurusan broadcast ngga ada waktu buat ‘bernafas’. Ngga ada hari tanpa tugas, ngga ada hari tanpa berpikir, ngga ada hari tanpa begadang. Hmm mungkin ada yang berpikir saya lebay tapi memang seperti itulah kenyataannya, tugas satu selesai dikerjakan tugas yang lain datang, mungkin ini adalah proses dimana nantinya kalau kita bekerja sebagai broadcaster yang sesungguhnya sudah terbiasa dengan deadline. Intinya ngga ada kata santai kuliah di jurusan broadcast maupun bekerja sebagai broadcater. Untuk point yang satu ini kalau belum percaya, silakan survey dengan anak broadcast J.
3.       Sabar
Sebenarnya sabar mengacu pada point nomor 3, pasalnya kita harus siap dikritik, diomeli, dimarahi mengenai hasil tugas atau hasil kerja kita. Saya percaya bahwa broadcaster adalah orang – orang penyabar. Mereka kerja di stasiun televisi yang sistemnya 24 jam, kalaupun di radio juga ngga bisa milih jam berapa kita akan siaran, sering ngga tidur, jarang pulang, makan ngga tepat waktu dan hal absurd lainnya yang bisa saja dialami para broadcaster, oke kita lagi ngomongin masa kuliah bukan masa kerja lulusan broadcast tapi, percaya ngga percaya bahwa kuliah adalah proses pembelajaran dan proses itu ngga jauh berbeda dengan lulusan broadcast yang bekerja sebagai broadcaster. Misal, hunting foto untuk matakuliah fotografi yang ngga sehari dua hari dapat karena hunting foto itu sangat  tergantung cuaca, mengerjakan paper yang ngga mungkin satu malam jadi, produksi film yang sangat menguras waktu karena ngga satu dua hari jadi, dan masih banyak challenge yang membuat kita sebagai mahasiswa broadcast harus selalu bersabar dan selalu tarik napas dalam – dalam dan membuangnya secara perlahan.
4.       Talk active
Yang namanya kuliah jurusan komunikasi ya sudah seharusnya aktif berkomunikasi tapi talk active disini adalah aktif berkomunikasi di luar kelas, maksudnya begini, walaupun kita kuliah tapi saya percaya ilmu yang sebenarnya saya dapatkan 100% tidak saya dapat di kelas. Berbincang dengan masyarakat luas  itu perlu karena mengingat nantinya kita juga akan terjun dalam dunia kerja yang mau ngga mau harus terjun dalam masyarakat.
5.       Siap stress
Kalau dari awal sudah tau jurusan broadcast itu mempelajari apa dan bagaimana, saya rasa kata “stress” tidak akan jadi masalah. tapi, buat yang mikir broadcast itu pasti seneng – seneng doang, broadcast itu santai dan anak – anaknya pasti fun, hmm.. pemikiran seperti itu harus dihilangkan guys, broadcast itu jurusan yang asyik tapi juga melelahkan. Bahkan ketika baru masuk semester pertama, jangan bayangkan ada kata santai disana kecuali kalau kamu ingin hasil akhir yang asjfkl alias IPK acak kadut ngga karuan.
Oke guys, buat kamu yang memang sekiranya siap menghadapi point – point di atas, punya ambisi, menyukai tantangan dan mau mencoba hal baru silahkan ambil jurusan broadcast tapi kalau kamu ngga kuat dikejar – kejar deadline, ngga suka panas – panasan karena sedang produksi, ngga bisa begadang, ngga bisa sabar please jangan ambil jurusan broadcast, kuliah itu tiga sampai empat tahun lho, pikir ulang dalam memilih jurusan daripada membuang uang, waktu, tenaga dan pikiran. Enjoy your choice! Keep smiles and fighting!!!!

46 komentar:

Unknown mengatakan...

ka anak broadcasting? boleh minta emailnya? saya mau tanya2 tentang broadcasting boleh?:) terimakasih sebelumnnya.

Unknown mengatakan...

super sekali ,
Tetep mau jdi anak broadcast koq . Karena sya suka tantangan.

Unknown mengatakan...

Makasih buat saran nya. Sangat berguna :)

Unknown mengatakan...

Semua point diatas itu gue banget , gue suka bgadang (hobby malah) gue suka tantangan, suka hunting foto, suka editing smpe lupa waktu, suka buat karangan cerita kaya novel atau cerpen walau msh acak adul dll dehh...jd ga sabar pgn buru2 bln september

Fazry Melodickzt mengatakan...

masukan super......

Unknown mengatakan...

kerenn!!! walaupun aku masih kelas 1 sma tp emg cita cita ku dari smp jadi kameramen. dan masukan2an dari kakak malah bikin aku semakin yakin sama jurusan broadcasting.

Listia Handayani mengatakan...

Supersekalii. Jadi gayakin sama diri sendiri padahal broadcast udah cita2 bangetttt:''

Unknown mengatakan...

Tetap semangat dan yakin

Unknown mengatakan...

pengen masuk jurusan itu, api gak yakin sama kemampuan di bagian kreatif

Unknown mengatakan...

min universitas mana aja yang jurusan broadcast yg bagus ?

Mhala Savitri (MS) mengatakan...

SUPER SEKALI !
Insyallah saya semakin mantap untuk mengambil jurusan broadcasting :)
Thanks untuk artikelnya ;)

Unknown mengatakan...

keren!!bikin tambah semangat buat jd anak broadcast. segala hal dilakuin dengan bismillah;)

Unknown mengatakan...

Gw anak informatika,tp gw penasaran sma dunia broadcast, ada yang mw berbagi ilmu dn pengalaman gk ttg broadcast k gw. Hihihi...arie aqualus.. 087870479403

Anonim mengatakan...

thank info nya. bikin mikir" lagi mau ngambil jurusan apa..

Unknown mengatakan...

Ka fakultas mana aja yg ada jurusan brodcast nya ?

Unknown mengatakan...

Artikelnya bapuk, bosan,..
Hanya bisa membuat orang orang takut sama yang namanya Broadcasting. Belum tau rasanya kalo belum dicoba. Tapi saya tetap pada pendirian untuk masuk jurusan itu. Tidak masalah yang lain menanggapinya menakutkan, hal itu mempermudah orang lain yang minat broadcasting untuk masuk

Unknown mengatakan...

memang yg dikatakan mimin benar , sya jg pernah ambil jurusan Broadcasting sewaktu SMK dan sekarang saya kuliah ambil jurusan bukan Broadcasting. Lelah, diomeli , bahkan karya dikritik habis2an sdh biasa . Namun sekarang sy jd kangen masa2 itu, dimana kebersamaan akan tercipta. Dari itu semua sy jd tahu bagaimana kerja yang Profesional :)

Unknown mengatakan...

bro ane mau tanya soal broadcast yg bagus di kampus mana? oia broadcast msk fakultas apa si? ane sih sejauh ini sering bikin" light novel... pengen aja ngembangin di kampus yg sesuai dengan keinginan ane...

Dandelion mengatakan...

kalo dari pas SMK nya ambil jurusan pemograman komputer pas kuliah ngambil jurusan brodcasting masuk dan nyambung ga yaa??

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

saya kuliah ambil jurusan,dan saya udh ngerasin apa yang dikatakan di atas.saya menikmati dengan senang hati dan sekarang saya udh disemester akhir..:D

Diary's October mengatakan...

Wahh aku suka tantangan, suka nulis cerpen, suka nulis naskah,fotografi, begadang dan kalo panas-panasan sih udah biasa, mungkin aku bisa coba ya kak? :D . Makasih kak infonya ^_^

Unknown mengatakan...

postnya bikin org takut ajanih. kl bisa jangan gerlalu dilebih-lebihkan. karna yg udh bercita2 malah gajadi/gimana. its my opinion si. jd jangan menganggap gue salah/gimana. krn setiap org pemikirannya beda. open minded plis

Unknown mengatakan...

optimis aja lah , sudah terlanjur daftar d jurusan ini ...

Unknown mengatakan...

ka minta pin nya.mau libih tau banyak tentang jurusan broadcast boleh ya.atau invite pin saya 4857c63e
sebelumnya trimakasih

Unknown mengatakan...

ka minta pin nya.mau libih tau banyak tentang jurusan broadcast boleh ya.atau invite pin saya 4857c63e
sebelumnya trimakasih

Unknown mengatakan...

Menurutku broadcast tak se seram itu jika di lakukan dg sepenuh hati.. saya pun menikmati..

Unknown mengatakan...

Menurutku broadcast tak se seram itu jika di lakukan dg sepenuh hati.. saya pun menikmati..

Unknown mengatakan...

kayaknya itu seru banget, banyak tantangan dan tugas yang diberikan sesuai dengan bakat saya. Jadi makin pengen jurusan broadcasting. Semangat!

Unknown mengatakan...

Yap benar banget... saya mengambil jurusan broadcasting ini cukup menguras waktu tidur, deadline yang tiada henti dan sebagainya tapi ini semua kembali lagi ke personal kalau dijalani dengan apa yang kita sukai dipastikan semua ini akan terkendali dengan baik :)

Unknown mengatakan...

Yap benar banget... saya mengambil jurusan broadcasting ini cukup menguras waktu tidur, deadline yang tiada henti dan sebagainya tapi ini semua kembali lagi ke personal kalau dijalani dengan apa yang kita sukai dipastikan semua ini akan terkendali dengan baik :)

Unknown mengatakan...

Saya mau masuk kuliah jurusan komunikasi berkonsentrasi d broadcasting tolong minta pin bbm nya buat sobat yg udah kuliah di jrusan komunikasi

Rafi N. A'la mengatakan...

Smua hal trsbut kalo kita jalani dngn ikhlas saya yakin dpt membuahkan manfaat.. kalo mslah tugas/pikiran yg trkuras saya kira jurusan lain pun sprti itu Co : seni rupa, seni arsitektur, kedokteran, dll.. jd ttp optimis dh
..

Unknown mengatakan...

Ga sesuai realita kehidupan bro:)

Dwi Atikah mengatakan...

Hadehhhhhhh.... sangat luar biasa jurusan broadcast itu. Semoga aja aku bisa kuliah jutusan ini.. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Dwi Atikah mengatakan...

Hadehhhhhhh.... sangat luar biasa jurusan broadcast itu. Semoga aja aku bisa kuliah jutusan ini.. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Unknown mengatakan...

Motivasi��

JUNK YARD inc. mengatakan...

cita2 saya jadi sutradara film, bisa belajar bikin film ga kalo belajar broadcasting?

Unknown mengatakan...

haii kakak sekalian boleh minta pencerahannya ga tentang kuliah di broadcasting ?

Soleh wibowo mengatakan...

bagus kak, terimakasih atas penyampaian pahitnya. jadi makin pengen ngadepin tantangan... hehe

Sulviana anggraeni mengatakan...

Gak cuma broadcast kak. Yang lain juga banyak keluhannya. Namanya juga mau sukses yaa haruscaek dulu. Tapi makasih banget udah dikasih tau, jadi makin mantep masuk broadcast

willy Safutra mengatakan...

tetep gua mau ambil jursan broadcast karna gua suka tantangan dan gadang itu makanan sehari .. dan terimaksih saran nya berguna

Unknown mengatakan...

Broadcasting .....
Apakah hanya untuk orang yg berduit sajah .
Melihat biayanya bgitu sangat mahal .

Dengan apa keahlian dan hobiku sebagai editor film membuat youtuber

Unknown mengatakan...

Tapi aku hanya seorang yg paspasan .
Yang ingin mendalami bakatkuU..

Untuk mengambil jurusan broadcasting .
Yg begitu sayangat mahalπŸ˜”πŸ˜”

UTS Data Warehouse mengatakan...

Minta pin BBnya dong kak,, saya mau tanya" saya bingung mau ambil jurusan apa setelah selesai dari sekolah jurusan "MULTIMEDIA" kata guru saya saya bagus di bagian editing ya walau ilmunya masih 5% saja tapi saya sudah lumayan bisa memprogramkan ADOBE PREMIERE

Dhyanara Paramita mengatakan...

deadlinenya bener-bener dah :"))
eh mampir blogku yaa http://student.blog.dinus.ac.id/dhyanaranp/

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogroll

Blogger templates

Blogger news